Wartabisnis.biz.id-Jakarta, J&T Express sebagai perusahaan logistik merilis laporan Environ mental, Social, and Governance (ESG) perdananya secara global. Laporan tersebut mengulas upaya dan pencapaian penting perusahaan selama 2023 di bidang tata kelola perusahaan, perlindungan lingkungan, pro duk dan layanan, keamanan in formasi dan perlindungan pri vasi serta pengembangan karya wan, yang mencerminkan ko mitmen dan tekad J&T Express dalam menjadi perusahaan yang sehat dan berkelanjutan.
Meningkatkan kemampuan tata kelola, memperkuat landasan demi operasional yang berke lanjutan falam pengelolaannya, J&T Express telah membentuk struktur tata kelola ESG yang mencakup seluruh tingkatan. Hal ini melibatkan Dewan Dire ksi, tim kerja ESG, hingga berba gai departemen lain untuk me langsungkan terjadinya koordi nasi pengelolaan ESG di dalam perusahaan. Demi meningkat kan kepatuhan dan sistem manajemen risiko, J&T Express menganut manajemen kepatu han dan berkomitmen untuk membangun struktur tata kelo la perusahaan yang komprehen sif. Lebih lanjut, hal ini dilaku kan sembari membangun ling kungan bisnis yang sehat dan adil melalui advokasi serta pela tihan dalam rangka memberi kan landasan kuat untuk peng embangan upaya berkelanjutan berkualitas tinggi. Pada 2023, J&T Express telah mengadakan sesi pelatihan etika dan integri tas bisnis bagi 58.000 peserta.
Mendorong pengembangan ramah lingkungan dan rendah karbon untuk penerapan opera sional yang berkelanjutan di seluruh lini J&T Express terus meningkatkan upaya-upaya berkelanjutan dan rendah kar bon dalam operasional sehari-hari. Hal ini mencakup seluruh proses mulai dari penjemputan paket, paket saat transit, pengiri man paket, hingga proses daur ulang limbah kemasan paket. Lebih lanjut, implementasi yang lebih luas mencakup peng gunaan satu lembar e-waybill, recyclable courier box, karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali, dan perala tan pengelolaan kemasan yang ramah lingkungan untuk me ngurangi dampak lingkungan dari penggunaan kemasan ber lebih. Hingga akhir Desember 2023, lebih dari 25,6 juta karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali telah di gunakan lebih dari 1,1 miliar kali.
Di area green transportation, J&T Express telah menerapkan model transportasi ramah ling kungan four-in-one. Model ini berfokus pada pengelolaan kon sumsi bahan bakar disepanjang rute, optimalisasi struktur trans portasi dan pemanfaatan ener gi, serta memberikan pelatihan dan pemahaman akan peng hematan energi kepada para pengemudi untuk mendorong penerapan tersebut dan trans formasi struktural dari energi transportasi. Pada tahun 2023, J&T Express telah meluncurkan 150 kendaraan berbahan bakar LNG dan 63 kendaraan intelli gent driving, yang dapat mem bantu pengemudi serta mengu rangi konsumsi energi untuk rute jarak jauhnya.
Mengacu pada rekomendasi Task Force on Climate-related Financial Disclosures (TCFD),
J&T Express mengembangkan sistem manajemen perubahan iklim pada empat aspek kerang ka yang meliputi tata kelola, manajemen risiko, strategi manajemen, serta indikator dan target. J&T Express mengguna kan sistem ini untuk mengiden tifikasi risiko dan peluang peru bahan iklim serta mengambil tindakan yang sesuai untuk mendukung upaya mitigasi perubahan iklim dalam upaya merespons dan beradaptasi terhadap perubahan iklim.
Memberikan solusi logistik berkualitas, menjaga keamanan informasi dan perlindungan privasi
J&T Express berkomitmen untuk menyediakan solusi logistik berkualitas tinggi dengan membangun sistem produk pengiriman ekspres yang menyeluruh. Beberapa di antaranya termasuk “Tuyouda”, yang ditujukan bagi branded products, merchant dengan volume menengah dan tinggi, serta produk segar dan beku, Cash on Delivery, dan Parcel Insurance. Solusi ini diterapkan agar J&T Express mampu meng osptimalkan proses pengiriman ekspres untuk meningkatkan pengalaman layanan pelang gan. Pada saat yang sama, J&T Express juga mengembangkan strategi logistik pengiriman internasionalnya, yang berkon tribusi pada pembangunan dan pengembangan industri, serta rantai pasok internasional.
J&T Express telah mengimple mentasikan dan terus mening katkan langkah-langkah keama nan jaringan global dan perlin dungan privasi. Penerapan yang dilakukan memberi kan perlindungan terhadap siklus informasi pribadi dan menjaga keamanan informasi pengiri man, memastikan bahwa infor masi pribadi pelanggan terlin dungi melalui pengem bangan keamanan jaringan, audit keamanan informasi internal yang teratur, dan pelatihan pen tingnya keamanan informasi bagi karyawan. Pada tahun 2023, J&T Express memperoleh beberapa sertifikasi sistem kea manan informasi resmi seperti ISO 27001 dan ISO 27701.
Mendukung pengembangan karyawan untuk membangun masyarakat yang lebih baik
Bakat menjadi kekuatan utama yang mendukung pengem bang an J&T Express. J&T Express berkomitmen untuk mencipta kan lingkungan kerja yang ter diversifikasi, setara, inklusif, menyediakan berbagai saluran komunikasi, tunjangan karya wan, dan berbagai dukungan pelatihan kepada karyawan, serta terus meningkatkan peng embangan sistem manajemen keselamatan yang mendukung pertumbuhan dan perkembang an karyawan.
J&T Express memanfaatkan keunggulan operasionalnya dan berkontribusi terhadap pengem bangan serta peningkatan komunitas di tempat mereka beroperasi. Adapun ragam kegi atan tersebut meliputi bidang perlindungan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat, bantuan pascabencana, pendidi kan dan revitalisasi pedesaan, serta membantu masyarakat berkebutuhan khusus.Misalnya, J&T Express menyelenggarakan Green Express Innovation Video Competition di Thailand yang melibatkan partisipasi luas dari mahasiswa dan mas yarakat untuk mempromosikan inovasi dalam pembangunan ramah lingkungan. Di Tiongkok, J&T Express mendirikan jalur khusus pertanian dengan jari ngan lebih dari 220.000 desa dan bekerja sama dengan orga nisasi kesejahteraan masyara kat untuk menyediakan sumber daya bagi sekolah-sekolah pede saan di daerah terpencil. Di Indonesia, J&T Express menga dakan J&T Super Seller untuk berkontribusi terhadap pengem bangan UMKM dan meluncur kan J&T Connect pada 2023 yang memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas untuk mengembangkan bisnis UMKM mereka.
Dengan berpegang pada misi “Berorientasi Pelanggan dan Berbasis Efisiensi”, J&T Express berkomitmen untuk mencipta kan nilai sosial dan pengem bangan berkualitas tinggi dengan meningkatkan efisiensi bisnis dan kualitas layanan, memberdayakan pengembang an karyawan, dan mempromosi kan perlindungan lingkungan, sebagai bagian dari strategi globalnya untuk menghubung kan dunia dengan lebih efisien dan memberikan manfaat logistik bagi semua.
