Wartabisnis.biz.id-Jakarta, J&T Global Express Limited “J&T Express” atau “J&T” atau “Perusahaan”, kode saham: 01519, penyedia layanan logistik global, mengumumkan hasil sementara untuk semester pertama tahun 2024 “H1 2024” atau “Periode”. Pada semester pertama tahun ini, pendapatan J&T mencapai US$ 4,86 miliar, meningkat sebesar 20,6% dibandingkan tahun lalu “YoY”. Pendapatan dari bisnis utama nya, yaitu layanan pengiriman ekspres, mencapai US$ 4,74 miliar, mencatatkan peningka tan YoY sebesar 33,7%. Laba kotor menunjukkan peningka tan YoY sebesar 176,8% menjadi US$540 juta.
Pada H1 2024, seluruh metrik laba J&T Express berubah men jadi positif. J&T Express mela porkan laba bersih sebesar US$31,026 juta, suatu peruba han yang signifikan jika diban dingkan dengan kerugian sebe sar US$670 juta pada periode yang sama tahun lalu. Laba bersih yang disesuaikan men capai US$63,248 juta, dibanding kan dengan kerugian sebesar US$260 juta pada periode yang sama tahun lalu. EBITDA yang disesuaikan melonjak sebesar 795,6% menjadi US$350 juta. EBIT yang disesuaikan juga berbalik positif dan mencapai US$120 juta, menegaskan tingkat profitabilitas yang sehat dan berkelanjutan.
Dalam periode yang sama, total volume paket J&T meningkat sebesar 38,3% YoY menjadi 11,01 miliar. Skala bisnis di seluruh wilayah operasional terus berkembang, dengan volume paket yang secara kon sisten mencapai pertumbuhan dua digit. Di Asia Tenggara (SEA), volume paket meningkat sebesar 42% YoY menjadi 2,04 miliar, meningkatkan pangsa pasar menjadi 27,4%. Di China, volume paket tumbuh sebesar 37% menjadi 8,84 miliar. Di pasar baru seperti Arab Saudi dan Meksiko “New Markets”, volume paket melonjak sekitar 64% menjadi 140 juta.
Dylan Tey, Chief Financial Officer J&T Express, berujar: “Pada semester pertama 2024, total pendapatan J&T mening kat lebih dari 20% YoY, berkat didorong oleh pertumbuhan layanan pengiriman ekspres di 13 negara. Dengan bisnis di China yang meraih profitabili tas untuk pertama kalinya, EBIT yang disesuaikan Perusahaan berbalik positif untuk pertama kali. Kami mempertahankan profitabilitas yang sehat dan berkelanjutan di Asia Tenggara. Di daftar New Markets, kami mencatat peningkatan pendapa tan yang signifikan dan pengu rangan kerugian EBIT, terutama didorong oleh pertumbuhan volume paket yang kuat, serta penyempurnaan manajemen dan optimalisasi operasional yang berkelanjutan.”
Pertumbuhan volume paket di China memimpin industri, pengurangan biaya per paket mendorong EBIT yang disesuai kan untuk mencapai profitabili tas pertama kali Selama Periode ini, pangsa pasar J&T terus meningkat, dengan pertumbu han volume paket sebesar 37% YoY melampaui para pesaing nya. Pangsa pasar volume paket J&T di China, mencapai 11%, naik 1,1 poin persentase YoY. Hal ini utamanya didorong oleh J&T yang memanfaatkan peluang pertumbuhan yang dihasilkan dari pertumbuhan pesat e-commerce sosial dan memperkuat akuisisi pelanggan dengan layanan yang hemat biaya. Di saat yang sama, J&T terus mengeksplorasi pengem bangan bisnisnya di lower-tier markets di China, bekerja sama dengan sejumlah platform e-commerce untuk menjalankan bisnis pengiriman yang menargetkan wilayah terpencil, sehingga membantu mitra e-commerce dan platform e-com merce memperluas jangkauan mereka ke wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau.
Pada semester pertama tahun ini, pendapatan J&T di pasar China mencapai sekitar US$3 miliar, meningkat sekitar 36% YoY. EBITDA yang disesuaikan mencapai US$200 juta, dan EBIT yang disesuaikan berbalik positif untuk pertama kalinya, mencapai US$59,595 juta. Hal ini terutama disebabkan oleh pendapatan per paket yang relatif stabil pada semester pertama tahun ini, dengan biaya unit per paket untuk pengiriman ekspres terus menurun. Secara spesifik, biaya unit per paket turun sekitar 6% menjadi US$0,32. Hal ini diun tungkan dari implementasi manajemen yang disempurna kan dan optimalisasi operasi onal yang terus menerus di setiap proses di China, yang secara berkelanjutan mening katkan kekuatan dan efisiensi jaringan kami.
Mempertahankan kepemimpi nan di Asia Tenggara selama empat tahun berturut-turut dengan pangsa pasar yang terus meningkat; konsisten mengopti malkan kualitas layanan Jari ngan logistik yang mencakup seluruh wilayah dan terbangun dengan baik di Asia Tenggara, serta layanan yang hemat biaya dan hubungan pelanggan yang kuat, terus menjadi keunggulan kompetitif J&T. Sebagai hasil nya, volume paket Perusahaan di wilayah ini meningkat sebesar 42% YoY. Pangsa pasar J&T mencapai 27,4%, naik 2 poin persentase dibandingkan tahun 2023.
Di Asia Tenggara, J&T terus memanfaatkan peluang di pasar e-commerce dan secara aktif memperbanyak pelanggan di luar platform e-commerce. Perusahaan juga diuntungkan dari peningkatan volume e-commerce secara keseluruhan dan hadirnya tren social com merce, dengan tetap terus memegang komitmen yang kuat terhadap kualitas layanan. Pada H1 2024, waktu pengiriman rata-rata paket Perusahaan di Asia Tenggara dipersingkat sebesar 13,8% YoY.
Pada semester pertama 2024, pendapatan dari operasional Perusahaan di Asia Tenggara meningkat sebesar 22% men jadi US$1,52 miliar, EBITDA yang disesuaikan tumbuh sebesar 13% menjadi US$210 juta, dan EBIT yang disesuaikan tumbuh sebesar 46% YoY men capai US$130 juta.
Pertumbuhan bisnis yang pesat di new markets dan secara aktif memperluas basis pelanggan e-commerce lokal J&T terus menembus jangkauan ke mar ket baru demi memperluas skala bisnisnya. Volume paket di market baru J&T tumbuh dengan cepat. Sembari mem pertahankan kerja sama yang erat dengan platform e-commerce cross-border dari China, kami juga secara aktif mengembangkan dan menjaga hubungan baik dengan plat form e-commerce lokal besar seperti Noon di Timur Tengah dan Salla di Arab Saudi. Di saat yang sama, permintaan layanan pengiriman paket dari pelang gan individu dan organisasi komersial di market baru terus meningkat. Untuk lebih mela yani kebutuhan ini, kami telah meluncurkan produk J&T SPEED di Timur Tengah.
Pada H1 2024, pendapatan dari market baru mencapai US$290 juta, meningkat hampir 1,2x YoY. Pertumbuhan ini didorong terutama oleh lonjakan volume paket regional sebesar 64% YoY. Selama Periode ini, hasil laba kotor memiliki hasil positif, mencapai US$35,022 juta, sementara kerugian EBITDA diperkirakan menurun secara signifikan menjadi US$7,84 juta dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Konsisten tingkatkan pengala man layanan: perkuat jalur demi pengembangan global
J&T berkomitmen untuk mem berikan pengalaman layanan logistik yang lebih baik kepada pelanggan dengan terus mem bangun pusat sortir sendiri, meningkatkan efisiensi armada transportasi yang dioperasikan sendiri, dan berinvestasi dalam peralatan otomatis di berbagai pasar. Hingga 30 Juni 2024, Perusahaan memiliki sekitar 8.000 mitra jaringan dan sekitar 19.900 outlet. Perusahaan mengoperasikan 237 pusat sortir yang dilengkapi dengan 254 jalur sortir otomatis. Jari ngan transportasinya terdiri dari lebih dari 4.100 rute ang kut, menggunakan lebih dari 9.900 kendaraan, termasuk lebih dari 5.700 yang dimiliki oleh perusahaan.
Fan Suzhou, Executive Presi dent J&T Express, menyatakan: “Kami mencapai profitabilitas untuk pertama kalinya selama periode keuangan ini, sehingga mampu membangun fondasi yang lebih kuat bagi perkem bangan jangka panjang Peru sahaan yang sehat. Tujuan strategis kami adalah memba ngun jaringan pengiriman ekspres yang melayani negara-negara di seluruh dunia, tidak hanya untuk platform e-commerce internasional tetapi juga untuk pelanggan e-commerce lokal dan non-platform. Hal ini memungkin kan kami untuk membangun keunggulan yang kompetitif dalam jangka panjang melalui jaringan yang menyeluruh, solusi yang hemat biaya, dan layanan yang sangat baik. Ke depan, kami akan memantau dinamika pasar global dengan cermat dan memilih waktu serta metode yang tepat untuk memasuki pasar terkait. Kami yakin bahwa melalui kerja keras dan inovasi yang berke lanjutan, kami akan lebih baik melayani pelanggan global dan mencapai tujuan pertumbuhan jangka panjang J&T.