
Wartabisnis.biz.id-Jakarta, J&T Express penyedia layanan logistik global, meriis laporan Ennronmental Social and Governance (ESG) 2024. Laporan ini menegaskan komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan melalu berbagai praktik dan pencapaian termasuk upaya-upaya tamah lingku ngan, kesejahteraan sosial bersarna, penguatan tata kelota perusahaan, serta inovasi teknologi komitmen pada green logistics untuk masa depan berkelanju tan sebagai pemimpin logistik multina sional, J&T Express secara konsisten mengoptimalkan praktik pengelolaan ramah lingkungan di seluruh rantai logistiknya. Sepanjang 2024, komitmen ini menghasilkan kemajuan signifikan dalam perencanaan hijau, transportasi, dan pengemasan.
“Salah satu pencapaian utamanya adalah pembangunan taman industri rantai pasok pintar pertama milik J&T sendiri di Baoying, Jiangsu, China. Fasilitas ini dilengkapi dengan panel surya atap seluas 74.000 meter persegi. Hingga akhir Desember 2024, Total energi yang dihasilkan dari panel tersebut mencapai 1089 760 kWh, yang diproyeksikan mampu mengurangi emusi karbon dioksida hingga sekitar 7.880 ton per tahun, mendukung pemanfaatan energi berkelanjutan, dan menetapkan standar baru bagi pengem bangan logistik hijau.
Dalam hal green logistics, J&T menga dopsi model “Yourin-one” yang menginte grasikan manajemen konsumsi bahan bakar, pelatihan penghernatan energi untuk pengemudi, serta optimasi struktur energi dan jalur distribusi.
Di Viemam, J&T menetapkan target efisiensi untuk mengurangi Konsumsi bahan bakar sebanyak 1 liter per 100 Kilometer untuk semua tipe kendaraan. Di China, J&T menginvestasikan 4 401 trailer berbahan alurmntum, 1 ton lebih ringan dibandingkan trailer besi konvensional yang juga lebih herat energi serta ramah lingkungan. Selain itu, padatahun 2024, J&T Express menginvestasikan 1 327 kendaraan energi bersih LNG di China, meningkat kan proporsi kendaraan LNG menjadi 264 dan efektif mengurangr intensitas emisi gas rumah kaca dari pengiriman paket melalui kendaraan milik sendiri sebesar hampir 4%.
Dalam hal green packaging, J&T Express aktif menerapkan langkah-langkah logistik hijau di seluruh proses peneri maan, transit pengiriman, dan daur ulang. Hal ini termasuk terus mempro mosikan penggunaan kantong transit paket yang dapat digunakan kembali kantong tahan air yang dapat terurai sepenuhnya, selotip degradable 45mm dan e-waybill satu lembar. Berbekal pengalaman sukses di pasar China, inisiatif ini mulai diperluas ke semua pasar global. Pada tahun 2024, J&T Express mulai mempromosikan penggu naan tas transit yang dapat digunakan kembali di Asia Tenggara dan New Markets, dengan total 799 ODO tas baru yang digunakan sepanjang tahun, meningkat 80,7% secara tahun-ke-tahun, dan akumulasi penggunaan lebih dari 27,62 juta kali.
Meningkatkan Keselarnatan Karyawan dan Mendorong Kesejahteraan Sosial Untuk mendukung operasional yang stabil. J&T Express terus memperkuat sistem manajemen keselamatan kerja bagi seluruh karyawan. Pada 2024, perusahaan meningkatkan investasi dalam pelatihan keselamatan, menye lesaikan total 57.464 sesi pelatihan keselamatan dengan total 1 089 974 partisipan.
JET Express juga aktif terlibat dalam kegiatan sosial di banyak negara, mem berikan kembali kepada komunitas fokal, dan memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan Di Vietnam, J&T Express membantu petani memanen hasil panen, mengemas paket, dan membimbing mereka dalam mengguna kan platfom e-commerce untuk mem promosikan dan menjual produk mereka. Di Brasil, J&T Express memanfaatkan jaringan logistiknya untuk menyalurkan 300 ton bahan bantuan ke daerah yang dilanda banjir Di Filipina dan Thailand, J&T Express mendukung pengembangan pendidikan “dengan menyediakan sumber daya pendidakan fisik ke sekolah-sekolah lokal dan meluncurkan program beasiswa untuk siswa berprestasi.
Di Indonesia, J&T Express mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM melalu peluncuran program J&T Connect Preneur, sebuah rangkaran kegiatan yang mencakup pelatihan, kompetisi bisnis, serta pemberian bantuan usaha. Dalam program ini, J&T Express menyalurkan total dana sebesar Rp300 juta kepada para pemenang kompetisi, disertai dengan dukungan berupa peralatan operasional untuk membantu pengem bangan usaha mereka
Selain mendukung pemberdayaan UMKM, di Indonesia J&T juga menun jukkan korrutmennya terhadap peles tarian lingkungan melaku kegiatan penanaman 3.000 bibit mangrove ber sama Lindungi Hutan. Inisiatif ini menjadi bagian dari langkah berkelan jutan perusahaan dalam menjaga ekosistem pesisir Indonesia.
Penguatan Tata Kelola dan Pertahanan Keamanan Infomasi Global. J&T Express berkomitmen membangun lingkungan bisms yang bersih, adil dan transparan dengan terus meningkatkan sistem anti-korupsi dan anti-suap. Di 2024, J&T Express menyelesaikan 94.146 sesi pelatihan ant-korupsi dengan total 31 355 jam pelatihan.
Dalam bidang keamanan informasi, J&T membangun sistem edukasi tiga dimensi, meningkatkan kesadaran keamanan karyawan secara sistematis, serta memperkuat edukasi melalui poster dan studi kasus setelah sebelum nya memperoleh sertifikasi ISO 27001, ISO 27701 dan Natonal Information Security Protection Level 3 di China, J&T juga berhasil mendapatkan sertfikasi ISO 27OU1 di Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia, demi membentuk garis pertahanan keamanan informasi global yang kuat.
Pada November 2024 volume pengiriman J&T Express secara global merembus 100 Juta paket per hari mencetak rekor baru di industri. Pada tahun yang sama. JET mulai menggu nakan drone dan kendaraan otonom sebagai bagian dari solusi logistik cerdas yang terus dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan industri secara berkualitas. Melalui inovasi teknologi dan komitmen pada tanggung jawab sosial, J&T terus memperkuat posisinya di pasar global.
“Chartes Hou, Group Vice President JET Expreas, menyatakan, Komitmen terhadap efisiensi dan keberlanjutan sangat penting untuk membangun bisnis yang sehat dan bertahan lama, J&T memprioritaskan implementasi praktis langkah langkah pembangunan berkelanjutan di seluruh operasi kami. Pada tahun 2024, kami tidak hanya mencapai terobosan dalam manajemen logistik hijau tetapi juga terus mempro mosikan kesejahteraan sosial dan meningkatkan kerangka tata kelola perusahaan. Inisiatif nyata ini sejalan dengan visi jangka panjang kami dan memberikan hasil yang positif serta efektif dalam proses operasional. Ke depan, kami akan terus membangun infrastruktur cerdas, membentuk jaringan logistik digital, mendukung operasi yang sadar lingkungan di seburuh rantai logistik. dan berkontibusi pada pembangunan berkelanjutan global.”